rental mobil
Home » » Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Written By Unknown on Jumat, 17 Mei 2013 | 03.52

Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Walaupun jarang dipakai, mobil tetap harus dirawat agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Misal, Anda harus pergi ke luar kota dalam waktu yang cukup lama, pastikan Anda telah mencuci mobil Anda terlebih dulu sebelum ditinggalkan. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini:

Image and video hosting by TinyPic

1. Bebaskan posisi rem tangan
Jangan biarkan mobil dengan kondisi rem tangan masuk, terutama dalam waktu lama. Hal ini untuk menghindari adanya kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan dengan tromol di roda belakang. 2. Ganjal wiper dengan busa/kayu
Hal ini untuk menghindari mengerasnya karet wiper jika terus bersentuhan dengan kaca mobil. Jika tidak diganjal dalam waktu yang lama, karet wiper akan terasa kasar dan tidak lentur nantinya saat membasuh kaca depan mobil Anda.
3. Jangan biarkan keempat roda mobil menempel lantai
Kondisi keempat ban mobil harus terangkat, lakukan hal ini dengan dongkrak dan stand-jack. Dengan demikian suspensi mobil tetap terjaga dan tidak terbebani oleh berat kendaraan. Biasanya suspensi mobil akan naik-turun jika mobil tidak dipakai dalam waktu lama. Hal ini mengakibatkan mobil tidak nyaman jika dipakai nanti.
4. Lepaskan aki jika mobil ditinggalkan lebih dari dua minggu
Aki mobil merupakan komponen mobil yang sangat sensitif. Bila dalam waktu dua minggu mobil tidak pernah dinyalakan maka dapat berpengaruh terhadap aki . Aki akan lebih cepat rusak dibandingkan dengan mobil yang setiap hari dipakai.
5. Ganjal keempat ban mobil dengan balok untuk kondisi parkir miring
Hal ini dapat Anda lakukan jika garasi Anda mempunyai permukaan lantai yang miring. Di tips pertama disarankan untuk membebaskan posisi rem tangan bila meninggalkan mobil dalam waktu lama. Jika permukaan lantai garasi miring, cukup ganjal keempat ban dengan balok atau benda keras lainnya agar posisi mobil tidak berubah.
6. Beri pengharum mobil dan tutupi mobil dengan cover
Pengharum mobil dapat mengurangi bau tidak sedap dalam mobil jika ditinggalkan dalam waktu lama. Partikel-partikel debu juga akan dengan mudah masuk ke dalam mobil melalui celah-celah mobil dan untuk menghindari hal ini, tutupi mobil dengan cover mobil yang dapat dibeli di toko aksesoris mobil.

0 komentar:

Posting Komentar